Minggu, 11 September 2016

KOMUNIKASI POLITIK



Apa yang anda bayangkan tentang Komunikasi Politik dan Apa yang menarik dari Komunikasi Politik?



Politik menurut saya adalah suatu seni pengabdian untuk mengusahakaan kesejahteraan umum yang dilakukan oleh warga suatu negara. Sedangkan komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan yang nantinya menimbulkan efek atau feedback. Jadi, komunikasi politik merupakan cara bagaimana seseorang dapat mempersuasi banyak orang dalam menyampaikan pesan-pesan politiknya demi kesejahteraan umum.

Yang menarik bagi saya dalam komunikasi politik yaitu saat masa kampanye capres atau cawapres, masyarakat Indonesia disuguhi drama sosial politik yang menarik pandangan mata. Dalam masa kampanye biasanya para capres dan cawapres melakukan komunikasi politik melalui pembuatan iklan-iklan di media elektronik seperti tv. Selain itu melalui spanduk-spanduk dan billboard yang terpajang dipinggir jalan. Menurut saya hal ini menjadi menarik bagaimana para elit politik melakukan kampanye besar-besaran. Jauh dari sense of crisis yang melilit negeri ini. Komunikasi politik yang banyak dilakukan para elit politik beranggapan bahwa semakin banyak iklan yang dipasang tentunya akan banyak juga masyarakat yang memilih mereka. Sayangnya saat ini masyarakat Indonesia sudah jeli dalam memilih pemimpin. Masyarakat tidak mempan lagi disuguhi dengan janji-janji politik.

Secara metedologi-bisnis pembuatan iklan-iklan kampanye di televisi tentu tak murah. Berapa juta rupiah yang terbuang untuk menarik simpati rakyat sedangkan rakyat bersusah payah untuk mencari makan setiap harinya. Komunikasi politik di negeri ini tak lebih dari sekedar pencitraan. Bagaimana seorang pemimpin dalam iklan-iklan politik di televisi menampilkan bahwa mereka begitu dekat dan berbaur dengan masyarakat. Iklan tersebut bukan merupakan kenyataan tapi sekedar drama sosial yang diolah dan dipoles untuk menarik simpati rakyat.

Menariknya, saat ini setiap kebaikan yang dilakukan oleh elit politik pasti tersirat pesan politik didalamnya. Contoh nyata yaitu menjelang pilpres banyak pembagian baju, sembako, sampai kain sarung pun yang berlogo partai politik. Hal ini tidak lain merupakan penyampaian komunikasi politik. Menjelang pilpres juga mendadak banyak dermawan yang membagi-bagikan hartanya kepada masyarakat. Dengan logo partai tentunya!

Komunikasi politik yang menarik saat ini yaitu, bagaimana gaya atau komunikasi politik yang dilakukan oleh presiden Jokowi yang santun dan sering blusukan berhasil menarik simpati rakyat. Selain itu juga gaya politik Ahok yang keras dan tegas juga dapat menarik perhatian rakyat. Gaya komunikasi politik yang berbeda dan berlawanan tapi keduanya mendapatkan perhatian dari rakyat. Saat ini masyarakat Indonesia menyukai gaya komunikasi politik langsung dan merakyat. Hal ini yang membuat gaya politik jokowi dan ahok disukai masyarakat.
Begitulah sekilas pandangan saya mengenai komunikasi politik yang ada di Indonesia. 

Imtinan Dindah
201310415096

Tidak ada komentar:

Posting Komentar